Selasa, 07 Februari 2023

Berbagi Prakatik Baik Alur Merdeka Belajar

Hari ini senin tanggal 6 Pebruari 2022, saya di berikan kesempatan berbagi praktik baik dengan rekan-rekan guru informatika  dalam wadah MGMP TIK dan Informatika kabupaten Trenggalek, dalam kegiatan tersebut saya di berikan kesempatan pada sesi ke dua, setelah di isi oleh bpk Abu bakar Ajis, sebagai pembina MGMP TIK dan Informatika.

Sekitar pukuk 10.00 WIB, saya diberi kesempatan untuk destiminasi berbagi praktik baik terkait materi alur merdeka belajar, dalam kegiatan tersebut saya lebih banyak diskusi dari pada memaparkan materi, banyak obrolan-obrolan ringan  yang kita diskusikan dalam forum tersebut, mulai gimana memulai alur tersebut, gimana cara mengatur waktunya dengan sejumlah tagihan di LKPD dan sebagainya. Tentunya semua permasalahan di lapangan kita bahas bersama-sama untuk menyelesaikan masalah di lapangan tentang kurikulum IKM, sebagai pemateri  hanya memaparkan apa yang sudah saya lakukan dengan siswa di sekolah selama ini, selanjutnya  saya berikan beberapa contoh aktifitas siswa terkait alur merdeka belajar.  Misalnya pada LKPD demontrasi kontektual apa yang harus di lakukan oleh siswa ?, maka saya hanya saya tampilkan karya siswa-siswa saya.

Dalam konsep alur merdeka ini yang paling penting adalah kesiapan guru dalam merancang pembelajaran yaitu Modul ajar, modul ajar inilah adalah ruh dalam kegiatan pembelajaran di dalam maupun di luar kelas, karena dalam modul apa saja yang harus dilakukan guru bersama murid. Tentunya perancangan ini harus mempunyai kesiapan yang matang bagi seorang guru. Selama ini yang dilakukan disekolah saya selain siswa mempunyai Modul pembelajaran yang yang berbentuk tek /buku juga menggunkan LMS, sehingga materi, tugas dan semua aktifitas siswa di kumpulkan di LMS, kedepanya semua karya anak terdokumentasi secara digital, selain itu megurangi kegiatan siswa dalam bermain game, dengan menggunakan LMS dengan tugas-tugas di buat secara digital memberikan tantangan bagi siswa untuk kreatif dan kolaboratif. Sebagai contoh tugas di ruang kolaborasi siswa dituntut untuk membuat prosentasi secara digital dengan canva, yang dulunya siswa tidak mengenal aplikasi canva, secara tidak langsung ia harus belajar aplikasi tersebut, karena dia harus menyiapkan presentasi bersama kelompoknya.

Kurikulum IKM ini, di harapkan kemerdekaan anak dalam belajar dan berekpresi dalam menggali ilmu pengetahuan sangat luas, apalagi saat ini ditompang dengan kecanggihan teknologi dan informasi, tugas guru membimbing / gemong siswa, sampai impian yang di cita-citakan.

Kegiatan berakir pukul 11.00 wib dan  dilanjutkan menghadiri undangan ke ibu subekti, dalam rangka tasyakuran purna tugas, ibu bekti ini sosok guru yang inspiratip, belioa dan suaminya bpk Kuat, sama-sama pengajar TIK, beliau berdua ini senior bagi guru-guru TIK di kabupaten Trenggalek banyak pengalaman yang saya peroleh dari beliau berdua ini, selamat ibu sebekti atas kelulusan jengan sebagai abdi negara dan moga selau sehat, jasamu dan pengalamanmu jadi inspirasi saya ...

0 comments:

Posting Komentar